RSS

Masyarakat dan Birokrasi Sama-sama Koruptif Ciptakan Budaya Koruptif

18 Apr

alibiApakah pengertian korupsi..? Tidak ada pengertian yang bersifat baku. Tetapi pengertian yang lebih pas dapat dibagi atas 2 yaitu:
1. Pengertian korupsi untuk pejabat publik yaitu : penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi/ kelompoknya. Kekuasaan diberikan oleh publik dan sudah seharusnya digunakan untuk kepentingan publik bukan untuk kepentingan pribadi dan kelompoknya. Dalam pengertian ini termasuk masyarakat yang menyuap pejabat publik sehingga pejabat publik tersebut melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan pejabat publik tersebut melanggar hak-hak publik.

2. Pengertian korupsi untuk masyarakat yaitu : penggunaan milik publik untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya. Termasuk dalam kelompok ini adalah masyarakat yang menggunakan hak-hak publik seperti jalanan, trotoar untuk berdagang sehingga mengganggu kepentingan publik. Para pemimpin yang menempelkan stiker atau bendera pada milik-milik publik sehingga mengganggu kepentingan publik yang lain. Perusahaan yang menempel stiker atau reklame pada milik-milik publik.

Inilah sebenarnya pengertian korupsi. Jika melihat kedua hal tersebut di atas maka sehari-hari dapat kita lihat korupsi dilakukan secara transparan, di depan mata kita, oleh pejabat publik, pemimpin masyarakat, pemimpin agama dan masyarakat itu sendiri. Untuk alasan sekedar cari makan, popularitas dan keuntungan pribadi.

Jika sudah demikian adanya maka tanpa perubahan yang revolusioner maka korupsi telah menjadi cara hidup kita sehari hari..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: