RSS

Semua Kasus Korupsi Seharusnya Ditangani oleh Lembaga Anti Korupsi seperti KPK

02 Aug

Bangsa ini telah memproklamirkan bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa sehingga penanganannya pun haruslah luar biasa. Penanganannya harus cepat sebab telah merusak sendi-sendi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dan bangsa. Jika tidak cepat maka dikuatirkan daya tahan bangsa tidak cukup kuat menahan daya rusak korupsi sehingga dikuatirkan akan menjadi bangsa yang gagal. Fakta telah membuktikan bahwa penanganan kasus korupsi oleh KPK sangatlah efektif. Untuk itu bangsa ini harus mendorong agar semua kasus-kasus yang berhubungan dengan korupsi ditangani oleh KPK dan lembaga-lembaga penegak hukum yang lain seperti Kepolisian dan Kejaksaan tidak lagi menangani kasus-kasus korupsi. Dengan demikian tidak ada lagi dikotomi atau persaingan antara lembaga KPK dengan Kepolisian atau Kejaksaan. Secara nyata juga bangsa ini dapat secara nyata menyalahkan KPK jika penindakan terhadap kasus-kasus korupsi tidak menunjukkan kemajuan yang berarti.

Hasil survey dan riset menunjukkan bahwa kepercayaan kepada Kepolisian dan Kejaksaan dalam penanganan korupsi sangatlah rendah karena penanganan korupsi juga cenderung korup bahkan kecenderungan ini sudah menjadi kebiasaan dan membudaya. Bangsa ini juga terlalu mahal membayar untuk perdebatan pembubaran KPK dan pengembalian penanganan kasus korupsi kepada Kejaksaan atau Kepolisian. Bangsa ini membutuhkan penanganan cepat, tepat dan tidak ada waktu lagi untuk sekedar beristirahat. Sangatlah susah dan membutuhkan waktu lama bagi suatu organisasi untuk merubah kebiasaan dan kebudayaan padahal korupsi telah begitu merusak semua sendi dan pembuluh darah kehidupan berbangsa dan bernegara kita dan jika dibiarkan dalam waktu singkat akan membawa bangsa ini kepada negara gagal. Dengan demikian tidaklah cukup waktu bagi bangsa ini untuk menunggu institusi yang ada memperbaiki dirinya. Efektifitas penanganan korupsi membutuhkan integritas dan perilaku bersih dari para pelakunya.

Lembaga seperti KPK dapat didirikan pada tiap-tiap kabupaten atau propinsi. Tentang personilnya maka personil yang ada di kepolisian dan kejaksaan yang menangani tindak pidana korupsi dapat dialihkan kepada KPK dengan berbagai macam test integritas. Jika hal ini terjadi maka masalah korupsi akan selesai dalam tempo 5 tahun. Kenapa kita tidak mengambil langkah-langkah pasti untuk alternatif ini..?

 

Tags:

One response to “Semua Kasus Korupsi Seharusnya Ditangani oleh Lembaga Anti Korupsi seperti KPK

  1. Forallpurpose

    August 9, 2012 at 5:00 am

    Wah jika ini terjadi dan KPK ada di setiap wilayah propinsi, korupsi akan cepat habis kali dari wilayah Indonesia

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: