RSS

Berapa Persentase Sebuah Kejadian Korupsi Diproses di Pengadilan ?

28 Jul

Asumsikan saat ini terjadi kasus korupsi di Jakarta ? Dengan kondisi Indonesia saat ini, berapa persen kasus tersebut akan diproses di pengadilan ? Silahkan dijawab saja, menggunakan “feeling” saja tidak perlu harus menggunakan riset khusus untuk itu. 5%, 10%, 15% ? Saya yakin bahwa kita semua tidak akan ada yang berani mengatakan bahwa persentase kasus tersebut akan diproses di pengadilan lebih dari 20%.Kita boleh menggunakan perkiraan-perkiraan sederhana saja. Jumlah kasus pada tahun 2003-2010 yang diproses oleh para penegak hukum adalah puluhan ribu. Tetapi apakah kasus korupsi di Indonesia cuma puluhan ribu, mungkin ratusan ribu.

Atau pendekatan lain, bahwa kebocoran anggaran tiap tahunnya sekitar 30%. Jika anggaran per tahun adalah 1000 triliun maka kebocorannya adalah kira kira 300 triliun. Adakah pengembalian kerugian negara per tahun 300 triliun, paling juga 10 triliun. Maka persentase kasus diproses di pengadilan kurang dari 10%.

Kenapa hal itu terjadi ? Ada beberapa penyebab terutama yaitu:

  1. Penegak hukum juga ikut di dalamnya sehingga penegak hukum tidak tertarik untuk memprosesnya tetapi malah bertindak untuk menutup-nutupi kasus tersebut. Jika ini terjadi maka buyarlah harapan penegakan hukum sebaik apapun perangkat yang ada.
  2. Proses penegakan hukum dengan pembuktian yang sangat rumit/ kompleks, sehingga perangkat yang ada tidak cukup mampu untuk membuktikannya
 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: