RSS

Gaya Hidup Pejabat Publik sebagai Alat Deteksi Dini Terjadinya Korupsi

20 Jul

Gaya hidup merupakan indikator yang sangat bagus untuk melihat seorang pejabat/ pegawai publik melakukan korupsi atau tidak. Untuk itu gaya hidup dapat dipakai sebagai deteksi dini (early warning system) terjadinya korupsi. Memang metode ini tidak dapat digunakan dalam proses pembuktian tetapi perlu dipahami bahwa pemberantasan korupsi bukanlah selalu dalam konteks penindakan atau penegakan hukum semata, yang paling utama adalah kesadaran akan terjadinya korupsi untuk selanjutnya melakukan proses-proses perbaikan untuk menghindari korupsi sehingga masyarakat terhindar dari kerugian yang lebih besar.

Kita bisa lihat langsung faktanya dalam kehidupan kita  sehari-hari. Pegawai Dirjen Pajak dan Dirjen Bea Cukai mempunyai gaya hidup yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pegawai Dirjen Anggaran walaupun masih berada dalam satu Departemen. Dan semua kita mengiyakan bahwa terjadinya korupsi jauh lebih besar di pajak dan bea cukai dibandingkan dengan anggaran walaupun kalau kita lihat bahwa jumlah penindakan di anggaran (bendahara, PPK, KPA) jauh lebih banyak dibandingkan di pajak dan bea cukai.

Dalam hal ini faktor keteladanan sangatlah dominan. Jika pemimpin dalam suatu lembaga negara mempunyai gaya hidup yang tinggi padahal tidak didukung oleh penghasilan resmi maka dapat dipastikan para pegawainya pun akan mengikuti bahkan lebih tragis jika pemimpinnya mewajibkan bawahannya untuk melakukan setoran. Jika demikian halnya maka UU yang melegalisasi perampasan asset pegawai/ pejabat publik yang tidak dapat dijelaskan asalnya merupakan syarat mutlak pemberantasan korupsi pada lembaga tersebut.

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: