RSS

Dukungan Publik adalah Dukungan Mahasiswa, Masyarakat Sipil (NGO), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Media

19 Jul

Masih ingat gerakan mahasiswa pada tahun 2007 ? Tidak lebih dari 20% mahasiswa yang melakukannya. Atau mungkin masih segar dalam ingatan kita revolusi rakyat di Tunisia, kemudian di Mesir, pada tahun 2011, juga tidak lebih dari 20% rakyat yang melakukannya. Begitu juga dengan kemerdekaan Indonesia, diperjuangkan oleh tidak lebih dari 20% rakyat Indonesia.

Sudah merupakan hukum alam bahwa hampir 20% populasi Indonesia peduli pada korupsi, 60% bersifat pragmatis dan 20% tidak peduli sama sekali. Perubahan cukup dilakukan oleh 5% dari yang 20% yang peduli tersebut.

Hal yang sama juga berlaku pada pemberantasan korupsi. Partisipasi masyarakat untuk melakukan perubahan dan untuk melakukan pemberantasan korupsi juga tidak akan lebih dari 20%. Target yang perlu disasar untuk yang tidak lebih dari 20% tersebut adalah:

  1. Mahasiswa
  2. Masyarakat Sipil (NGO)
  3. Tokoh Agama
  4. Tokoh Masyarakat
  5. Kalangan Media

Dengan demikian sangat tidak efektif melakukan aktifitas-aktifitas kampanye, sosialisasi atau apapun sejenisnya kepada pihak lain selain yang disebutkan di atas dalam rangka melakukan perubahan untuk memberantas korupsi. Sebagaimana disebutkan bahwa saat ini negara dalam keadaan sakit korupsi sehingga dalam waktu dekat yang diprioritaskan adalah menyembuhkan negara dari penyakit korupsi.

Setelah penyakit korupsinya sembuh maka nilai-nilai integritas, nilai-nilai anti-korupsi secara berproses dapat diajarkan pada kalangan pelajar, masyarakat umum dan kalangan masyarakat lainnya. Nilai-nilai integritas, nilai-nilai anti-korupsi adalah investasi jangka panjang sehingga usaha-usaha kesanapun adalah terus-menerus dalam jangka panjang juga.

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: